Perawatan gigi untuk Ibu hamil

May 20, 2011 by husna  
Filed under Dental Clinic

ibu-hamil-2Kehamilan adalah saat yang sangat penting bagi wanita yang merindukan kehadiran buah hati, juga buat bayi yang dikandung, karena merupakan proses awal perkembangan anak manusia. Apa yang dialami oleh sang ibu dalam masa kehamilan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak di dalam kandungan.

Seringkali saya mendapat pertanyaan, “Bagaimana caranya supaya gigi anak saya sehat dan kuat?” Pertanyaan ini akan lebih baik jika diajukan pada waktu anak belum dilahirkan, karena proses pembentukan gigi berlangsung sejak anak masih di dalam kandungan. Bagi orang tua yang menginginkan gigi anaknya kuat dan sehat penting untuk memahami proses tumbuh kembang gigi, sehingga bisa mengambil langkah-langkah apa yang mesti dipersiapkan menghadapi kehamilan.

Masa kehamilan yang berlangsung selama lebih dari sembilan bulan, bukan masa yang pendek, banyak hal yang bisa terjadi yang berkaitan dengan kesehatan ibu. Perubahan secara fisik dan hormonal akan terjadi pada sang ibu. Hal ini karena kebutuhan Ibu berubah, ada kehidupan lain yang harus ditanggung di dalam rahimnya. Perubahan hormonal ini i menyebabkan sang Ibu rentan terhadap penyakit gigi dan mulut, sehingga dijumpai angka kesakitan gigi biasanya meningkat pada masa kehamilan ini, terlebih bagi ibu yang memang telah memiliki infeksi kronis pada gigi dan mulutnya, misalnya radang gusi dan gigi berlubang. Untuk menghindari kesakitan gigi dan mulut, seorang Ibu hendaknya benar-benar mempersiapkan dirinya untuk menghadapi masa kehamilan.

Ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan sebelum kehamilan, yaitu:
1. Bersihkan gigi geligi dari karang gigi dengan melakukan skaling,
2. Lakukan penambalan gigi berlubang
3. Lakukan pencabutan gigi-gigi yang sudah mati

Kalau anda belum mempersiapkan langkah persiapan namun sudah terlanjur hamil, dalam trimester I konsultasikan ke dkter gigi untuk dapat melakukan perawatan yang tidak bersifat infasif.

Kebutuhan nutrisi ibu hamil juga mesti diperhatikan, asupan gizi bagi ibu hamil hendaknya mencukupi untuk kebutuhan Ibu dan bayi. Kapankah pembentukan gigi geligi itu dimulai? Dan zat gizi apa saja yang diperlukan. Ketika usia kandungan memasuki 7 minggu pembentukan benih gigi sudah dimulai, meskipun gigi susu baru akan muncul ke rongga mulut pada waktu anak berusia 6 bulan. Sejak saat pembentukan benih gigi kebutuhan nutrisinya harus sudah dicukupi, bukan pada waktu gigi susu mulai keluar, tidak ada salahnya ibu hamil mengkonsumsi suplemen dan multivitamin. Hal lain yang perlu diperhatikan oleh Ibu hamil adalah agar selalu menjaga kebersihan mulutnya, terlebih pada awal kehamilan dimana pada umumnya ibu hamil mengalami muntah yang berlebihan, sehingga suasana mulut cenderung asam, sangat beresiko untuk terjadinya gigi berlubang, peningkatan frekuensi sikat gigi dan penggunaan obat kumur akan sangat membantu menurunkan resiko gigi berlubang.

Seandainya kesakitan gigi tidak bisa dihindari pada masa kehamilan, segeralah mencari pertolongan dengan berobat ke dokter gigi, sehingga kesakitan tersebut tidak sampai mengganggu kehamilan, jangan sembarang mengkonsumsi obat, karena tidak semua obat-obatan aman dikonsumsi bagi ibu hamil. Bahkan jenis antibiotika tertentu dapat menyebabkan kecacatan tetap pada gigi yang akan nampak sampai sang anak dewasa. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat menjalani kehamilan dengan menyenangkan.

  • Photobucket

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!